Fashion, Tips

5 Hal berguna memanfaatkan kaos-kaos lamamu

 Punya t-shirts atau kaos-kaos lama yang sudah tak terpakai lagi? Jangan dibuang dulu, ya. Jangan digunting jadi lap kotor juga. Masih ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar baju lamamu itu tetap berguna. Berikut ini beberapa di antaranya.

Refashion


Ilustrasi refashion

Sekarang ini refashion alias recycled fashion tak dianggap norak. Justru dianggap sebagai upaya daur ulang yang kreatif. Kamu bisa mencontoh berbagai tutorial di YouTube atau Pinterest untuk mengubah t-shirts lama jadi tank top,draped vest, rok pensil, atau atasan dengan berbagai aksen lucu. Banyak juga yang tak membutuhkan keterampilan dalam menggunakan mesin jahit, kok.

Sulap jadi tote bag


Ilustrasi no sewn tote bag dari t-shirt bekas © Thegreensamaritan.com

Sekarang sudah bukan zamannya lagi meminta kantong plastik saat berbelanja di pasar swalayan. Bawa tas belanja sendiri justru lebih ramah lingkungan. Tak perlu membeli yang masih baru. Dengan gunting dan ikatan sederhana, kamu bisa mengubah t-shirts lama menjadi tote bag.

Gunting menjadi handuk rambut


Ilustrasi handuk dari kaos

T-shirts berbahan lembut paling cocok digunakan untuk mengeringkan rambut. Terutama rambut yang teksturnya kasar atau keriting. Sebab handuk seperti ini tidak akan menggesek batang rambut dengan kasar.

Preloved sale


Ilustrasi preloved sale 

Sekarang ini orang tak malu membeli barang-barang bekas atau istilah kekiniannya preloved. Tak perlu buka lapak di pasar loak atau garage sale. Kamu bisa menawarkan t-shirts lama yang masih bagus di lapak online halaman Facebook atau Instagram.

Sumbangkan kepada yang membutuhkan

Ilustrasi donasi baju

Cukup banyak ‘pengepul’ yang bersedia menampung dan menyalurkan baju-baju lama namun masih layak pakai kepada korban bencana atau mereka yang membutuhkan uluran tangan. Dengan cara ini, baju lamamu masih bisa bermanfaat bagi orang lain.

Itulah beberapa hal positif yang bisa kamu lakukan untuk mendayagunakan kembali kaos-kaos lama di lemari.

Tagged , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *