Tips

Tips membuat telur asin yang enak,gurih dan mudah

Berbicara tentang telur, siapa sih yang nggak tau telur asin. Telur yang terbuat dari telur bebek ini memiliki rasa gurih dan asin yang tentu saja memanjakan lidah penikmatnya. Telur asin sendiri merupakan salah satu makanan yang diawetkan sehingga dapat disimpan hingga berhari-hari tanpa takut basi. Selain rasanya yang menggoda lidah, ternyata telur asin juga banyak mengandung gizi lengkap dan kandungan mineral serta kalsium yang baik bagi kesehatan tubuh terutama bagi anak-anak yang sedang dalam proses pertumbuhan. Sebelum diasinkan telur sendiri memang sudah bergizi, namun dengan diawetkan gizi pada telur asin meningkat hingga 2 ½ kali lipat.

Telur asin cocok dimakan dengan berbagai hidangan lainnya. Anda tidak perlu bingung menyajikan telur asin dengan apa. Tidak hanya sebagai pelengkap hidangan, Anda juga bisa menyantap telur asin sebagai camilan sehat. Bahkan jika Anda sedang berada dalam perjalanan panjang. Cukup dengan membawa telur asin, maka Anda tidak repot membawa makanan lainnya serta awet dan tahan lama. Maka tidak salah jika telur asin merupakan makanan yang praktis karena dapat dimakan kapanpun dan di mana saja.

Telur asin sudah banyak ditemui di setiap kota. Banyak pula daerah penghasil telur asin. Namun di Indonesia, penghasil telur asin terbaik adalah Brebes, Jawa Tengah. Telur asin khas Brebes ini bahkan sudah muncul sejak setengah abad yang lalu. Bahkan industri telur asin di Brebes cukup meluas dan juga tersedia berbagai pilihan rasa dan kualitas telur asin. Akan jauh lebih mudah memang untuk membeli telur asin, namun apa salahnya jika Anda mencoba membuat telur asin sendiri di rumah. Anda bisa menyesuaikan rasa sesuai dengan selera Anda.

Cara membuat telur asin

Cara membuat telur asin ada 3. Anda bisa membuatnya secara tradisional maupun modern. Yang penting adalah kualitas telur yang Anda pakai bagus serta prosesnya yang benar.

Cara membuat telur asin dengan air garam

Bahan :

  • Telur bebek 12 butir
  • Garam 500 g
  • Air 1 ½ L
  • Toples yang dapat ditutup rapat

Cara membuat :

  1. Rendam telur dalam air selama 2 menit. Jika ada telur yang mengapung, buang saja, karena telur tidak bagus.
  2. Kemudian bersihkan telur hingga bersih. Hati-hati saat membersihkannya agar kulit telur tidak pecah atau retak. Keringkan telur.
  3. Anda bisa memilih untuk mengamplasnya atau tidak. Cara ini dilakukan agar garam dapat lebih mudah meresap karena pori-pori telur terbuka.
  4. Larutkan garam dalam air. Aduk hingga benar-benar larut. Masukkan dalam toples yang dapat ditutup rapat.
  5. Masukkan telur perlahan-lahan. Pastikan telur terendam semua. Beri jarak 2 cm dari permukaan.
  6. Rendam selama 10-12 hari.
  7. Jika ingin rasa lebih asin rendam hingga maksimal 42 hari atau 6 minggu.
  8. Selama proses perendaman, jauhkan dari cahaya matahari.
  9. Setelah proses perendaman selesai. Rebus telur dengan api kecil. Jangan sampai air mendidih agar tidak merusak telur. Rebus selama 1 ½ jam.
  10. Bisa juga dengan cara dikukus dengan waktu yang sama.
  11. Telur asin siap disajikan.

Cara membuat telur asin dengan batu bata

Bahan :

  • Telur bebek 12 butir
  • Garam 500 g
  • Batu bata 4 buah, hancurkan hingga benar-benar lembut.
  • Air 1 ½ L
  • Ember

Cara membuat :

  1. Rendam telur dalam air selama 2 menit. Jika ada telur yang mengapung, buang saja, karena telur tidak bagus.
  2. Kemudian bersihkan telur hingga bersih. Hati-hati saat membersihkannya agar kulit telur tidak pecah atau retak.
  3. Anda bisa memilih untuk mengamplasnya atau tidak. Cara ini dilakukan agar garam dapat lebih mudah meresap karena pori-pori telur terbuka. Keringkan telur.
  4. Campurkan remukan bata yang sudah benar-benar halus dengan air. Aduk rata. Jangan sampai encer. Bentuk hingga seperti pasta.
  5. Masukkan garam. Aduk lagi. Anda bisa mengaduknya menggunakan tangan atau spatula.
  6. Lumuri telur dengan tanah sampai menggumpal seperti tanah liat atau batu. Kira-kira hingga ketebalan mencapai 3 cm.
  7. Masukkan dalam ember satu per satu.
  8. Taburi lagi telur yang sudah dilumuri tanah dengan batu bata lagi secukupnya.
  9. Diamkan selama 14 hari.
  10. Setelah proses selesai. Rebus telur dengan api kecil. Jangan sampai air mendidih agar tidak merusak telur. Rebus selama 1 ½ jam.
  11. Bisa juga dengan cara dikukus dengan waktu yang sama.
  12. Telur asin siap disajikan.

Cara membuat telur asin menggunakan batu bata bisa Anda ganti menjadi cara membuat telur asin menggunakan abu gosok. Hanya perlu mengganti batu bata dengan abu gosok. Cara membuat telur asinnya sama saja.

Jika Anda ingin rasa yang lain, Anda cukup mengganti cara akhir, bukan dengan dikukus, namun dipanggang atau menggunakan cara membuat telur asin asap yaitu dengan mengasapi telur hingga matang.

telur asin asap

Untuk proses pengasapan membutuhkan waktu yang lebih lama. Jika ingin aroma lebih wangi dan gurih, Anda bisa membuatnya dengan cara dipanggang. Semoga bermanfaat.

Tagged , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *